5 Cara Bagaimana Membuka Potensi Seorang Anak Tanpa Menghilangkan Masa Kecilnya | Borneotribun.com -->

Jumat, 02 September 2022

5 Cara Bagaimana Membuka Potensi Seorang Anak Tanpa Menghilangkan Masa Kecilnya

5 Cara Bagaimana Membuka Potensi Seorang Anak Tanpa Menghilangkan Masa Kecilnya
Gambar Sasint/Pixabay/BorneoTribun
BorneoTribun Jakarta - 5 Cara Bagaimana Membuka Potensi Seorang Anak Tanpa Menghilangkan Masa Kecilnya. Tidak mungkin bahwa jadwal yang ketat dan kontrol total akan membantu dalam hal ini. Tapi kebebasan bertindak dan bermain cukup. 

Bersama dengan dilansir dari beberapa sumber untuk memberi tahu apa ada lagi yang layak dipertimbangkan untuk membantu seorang anak mengekspresikan dirinya dan bakatnya tanpa rasa takut.

1. Fokus pada kesuksesan

Fokus pada kesuksesan
Gambar picjumbo_com/Pixabay/BorneoTribun
Jangan anggap remeh kesuksesan. Memarahi dengan keras untuk nilai buruk dan bereaksi datar terhadap nilai bagus bukanlah cara terbaik untuk mendidik. Dalam hal ini, ada teknik Pensil Hijau. 

Ini menunjukkan bahwa Anda tidak akan fokus pada kegagalan, tetapi pada kesuksesan. Pada saat yang sama, umpan balik yang cermat adalah penting. 

Satu kata yang salah dan anak tidak akan mau mengambil inisiatif. Jika ada yang tidak beres, pujilah dia atas ketekunannya dan pastikan untuk menambahkan bahwa dia akan mencapai tujuannya di lain waktu. 

Beri tahu anak Anda bagaimana Anda menghadapi kegagalan. Ini akan menunjukkan kepadanya bahwa kesalahan adalah bagian normal dari kehidupan, dan dia tidak akan terlalu takut untuk menghadapi kasus-kasus sulit.

2. Dukung hobinya

Dukung hobinya
Gambar sasint/Pixabay/BorneoTribun
Mereka dapat berkembang menjadi pekerjaan hidup. Dan semakin cepat anak mulai, semakin cepat dia bisa mencapai kesuksesan. 

Ada cukup banyak contoh seperti itu. Jadi, pianis Evgeny Kissinterbawamusik pada usia 11 bulan, dan pada usia 12 ia memberikan konser solo pertamanya di Moscow Conservatory. 

Seorang pemain sepak bola Roman Pavlyuchenkodimulaibermain di sekolah. Pada usia 16, spesialis dari sekolah asrama olahraga memperhatikannya, dan pada usia 21 ia menandatangani kontrak dengan Spartak Moscow.

Setiap orang memiliki kecenderungan untuk bisnis ini atau itu, dan itu dapat diperhatikan bahkan di masa kanak-kanak. Perhatikan anak itu. 

Mungkin dia tertarik untuk bernyanyi, atau dia siap menghabiskan waktu berjam-jam untuk program pembuatan game. 

Jika menurut Anda anak itu tidak tertarik pada apa pun, bicarakan dengannya tentang topik ini. Mungkin Anda bisa menemukan dia hobi bersama.

Jangan memberi tekanan pada anak. Jika orang tua gagal menjadi pemain sepak bola pada satu waktu, ini tidak berarti bahwa siswa harus mewujudkan ambisinya. 

Dia mungkin tidak menyukai kelas, guru, tim, semua ini, ditambah dengan tekanan orang yang dicintai, dapat menyebabkan kelelahan saraf.

3. Berikan contoh pribadi

Berikan contoh pribadi
Wanita Anak Hujan Payung Daun Kebahagiaan Senang. (BorneoTribun/Pixabay/Sasint)
Untuk melakukan ini, Anda tidak hanya perlu bantuan untuk melakukan pekerjaan rumah. Penting untuk tetap disiplin di semua lini. 

Setuju dengan anggota keluarga bahwa Anda akan menghabiskan waktu bersama tanpa smartphone. Rakyatmerasamerasa tidak nyaman ketika orang yang dicintai terganggu oleh gadget. 

Jika seorang anak melihat bahwa orang dewasa tidak tertarik untuk berkomunikasi dengannya, maka seiring waktu dia akan menjauh.

Cobalah untuk berpartisipasi dalam kompetisi bersama: Anda dapat bermain kuis, berlari maraton mini, atau menunjukkan bakat Anda dalam kompetisi. 

Persiapkan mereka dengan hati-hati, tanpa melewatkan pelatihan dan latihan. Dengan mengamati bagaimana Anda ingin menang, anak akan mengikuti contoh Anda danakan belajarmencapai tujuan.

Anda juga bisa membaca buku. Untuk menanamkan rasa ingin tahu dan keinginan untuk mempelajari hal-hal baru pada anak Anda, diskusikan dengannya karya-karya yang Anda sukai. 

Cobalah membaca dengan suara keras sebagai sebuah keluarga—katakanlah, di akhir setiap minggu. Jadi Anda dapat mengembangkan kebiasaan yang baik dan menemukan alasan untuk berkomunikasi dengan anak-anak. 

Selain itu, membaca keluarga akan mengajarkan semua peserta untuk menganalisis karya dan secara kompeten mempertahankan sudut pandang mereka. Ini akan menjadi contoh yang baik untuk anak Anda.

4. Jangan lupa istirahat

Jangan lupa istirahat
Gambar ddimitrova/Pixabay/BorneoTribun
Dalam perjuangan untuk pengetahuan, penting untuk tidak berlebihan. Penulis buku “Biarkan Mereka Pergi. Bagaimana Mempersiapkan Anak untuk Dewasa oleh Julie Licott-Hamescatatanbahwa orang tua sering membuat jadwal di mana anak tidak punya waktu untuk bermain dan istirahat. Orang dewasa juga bosan dengan rutinitas ini.

Sulit bagi seorang anak yang terbelah antara sekolah dan lingkaran untuk bermimpi sukses. Bahkan jika dia menunjukkan hasil yang sangat baik, dia lebih cenderung melakukannya semata-mata untuk menyenangkan orang tuanya. Ada risiko tinggi bahwa kemudian anak akan kelelahan dan kehilangan minat belajar.

Periksa apakah dia punya waktu untuk istirahat. Masukkan bersama anak semua urusannya ke dalam kalender dan diskusikan jadwal yang dihasilkan. 

Jika Anda melihat bahwa sebagian besar waktu dikhususkan untuk belajar, sarankan agar siswa menolak beberapa kelas tambahan. 

Jika anak terlalu lelah dari pelajaran, pergi menemuinya. Dan juga meninggalkan dia hak untuk bermalas-malasan. Setuju bahwa anak akan memiliki, katakanlah, suatu hari di bulan ketika dia dapat bolos sekolah dan mencurahkan waktu untuk hobinya.

Bantu anak-anak Anda bersantai setelah minggu sekolah. Sisihkan waktu dalam jadwal Anda untuk menghabiskan waktu bersama. 

Cobalah untuk tidak melakukan pekerjaan rumah tangga selama jam-jam ini: lebih baik berjalan-jalan di taman atau pergi ke bioskop.

5. Dengarkan anakmu

Dengarkan anakmu
Gambar Sasint/Pixabay/BorneoTribun
Anak-anak di bawah usia enam tahuncintabagikan dengan orang terkasih apa yang baru saja Anda pelajari, apakah itu nama rasi bintang, kata baru, atau plot kartun baru. 

Tumbuh dewasa, mereka cenderung memberi tahu orang tua mereka tentang kehidupan mereka. Ini sebagian karena anak-anak memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang akan ditanyakan kepada mereka dan merespons dengan template yang sudah disiapkan. 

Untuk kalimat "Bagaimana kabarmu di sekolah?" mereka akan berkata, "Tidak apa-apa." Dan ketika Anda mendengar "Tidak ada yang menyinggung?" - mereka akan segera melempar: "Tidak, semuanya baik-baik saja."

Orang tua dalam situasi ini juga dapat dipahami. Seringkali, setelah bekerja dan melakukan pekerjaan rumah tangga, mereka tidak memiliki cukup waktu untuk berkomunikasi secara sadar dengan anak-anak. 

Pada saat yang sama, anak mungkin memiliki alasan sendiri untuk kebanggaan dan kecemasan, yang perlu didiskusikan. Biarkan siswa berbicara tentang apa yang membuatnya terpesona. Jadi dia akan mengerti bahwa pikirannya menarik bagi para sesepuh.

(yk/er)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar