Kontribusi 107 Pondok Pesantren dalam Cerdaskan Generasi Kubu Raya | Borneotribun.com -->

Kamis, 02 Mei 2024

Kontribusi 107 Pondok Pesantren dalam Cerdaskan Generasi Kubu Raya

Kontribusi 107 Pondok Pesantren dalam Cerdaskan Generasi Kubu Raya
Ilustrasi - Santri membaca Al Quran di Dayah Darul Quran Aceh, Gampong Tumbo Baro, Kuta Malaka, Aceh Besar, Aceh, Rabu (29/3/2023). ANTARA FOTO/Khalis Surry
KUBU RAYA - 107 pondok pesantren di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, telah menjadi pilar penting dalam upaya pemerintah daerah untuk mencerdaskan generasi muda.

Pj Bupati Kubu Raya, Sy Kamaruzaman, mengungkapkan bahwa dari total 36.000 pondok pesantren di seluruh Indonesia, 107 di antaranya berada di kawasan tersebut.

"Dari 36.000 pondok pesantren di Indonesia, 107 di antaranya ada di Kubu Raya,” ucap Pj Bupati Kubu Raya Sy Kamaruzaman di Sungai Raya, Rabu.

Kamaruzaman menyatakan penghargaannya atas kontribusi yang signifikan dari pondok pesantren dalam mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tersebut.

"Pondok pesantren telah berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam bidang pendidikan karena peranannya dalam membangun dunia pendidikan di wilayah Kabupaten Kubu Raya," ujarnya.

Ia juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara pengelola pondok pesantren dan pemerintah kabupaten dalam menjaga kerukunan dan kehidupan beragama yang harmonis di Kubu Raya. 

"Pondok pesantren ataupun yayasan semoga dapat terus bersinergi dengan pemkab agar terjalin silaturahim dan dapat bersama membangun pendidikan di Kubu Raya," tuturnya.

Selain itu, Kamaruzaman juga menyoroti dampak positif keberadaan pondok pesantren dalam memperkuat Kabupaten Kubu Raya ke depannya. 

"Kami berharap lembaga pendidikan Islam ini akan memberikan dampak yang lebih khususnya dalam pembinaan keislaman dan ketakwaan masyarakat di Kubu Raya," katanya.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar