Ibu Lurah yang Kreatif dan Inovatif dalam menangani Sampah | Borneotribun.com -->

Minggu, 21 Februari 2021

Ibu Lurah yang Kreatif dan Inovatif dalam menangani Sampah

Ibu Lurah yang Kreatif dan Inovatif dalam menangani Sampah.

BorneoTribun Mataram, NTB - Berbicara masalah penanganan sampah tentu tidak semudah seperti membalik telapak tangan,, hampir semua daerah khususnya di NTB ini mengalami kendala dalam hal mengatasi persoalan sampah ini, dari mulai lokasi pembuangan atau sering di sebut TPS sampai kepada kesadaran manusianya dalam membuang sampah.

Dalam mengatasi hal diatas pemerintah daerah pun telah lama menunjukkan keseriusan nya dengan mengeluarkan program-program serta peraturan daerah demi mengatasi sampah ini. Namun seperti diketahui bahwa dengan semua yang telah dilakukan oleh baek pemerintah maupun masyarakat belum bisa mengatasi masalah sampah ini sesuai harapan kita semua.

Berlatarbelakang itu Kelurahan Mataram Barat meresmikan suatu wadah Rumah Pemilahan Sampah yang diberi nama "RUMPIL INGEZ", Atas ide Lurah Mataram Barat sehingga wadah ini di resmikan tepat pada hari Peduli Sampah Nasional Minggu 21/02/2021, yang lokasinya di jalan Pramuka 25, karang medan  Mataram barat, 

Dalam sambutan Lurah Mataram Barat Sri Sulistiowati mengatakan bahwa, ide ini tercetus semenjak ditutup nya TPS Karang medain yang terletak di ujung jembatan karang medain. 'Sehingga kami bersama masyarakat merembuk untuk mencari solusi pembuangan sampah serta bagaimana membuat sampah ini akan menjadi bermanfaat dan bernilai ekonomi", ungkap Ibu Lurah.

Lebih lanjut Ibu Lurah menyampaikan bahwa tujuan terbentuknya Rumpil Ingez ini untuk membantu dan membimbing masyarakat dalam memilah sampah dari rumah  sebelum nanti nya  akan dibuang ke lokasi Rumpi inges, dimana di lokasi ini telah tersedia tempat dari masing-masing jenis sampah seperti kaca botol, tas plastik, kardus/kertas, botol plastik dan takakura yang masing-masing  telah disiapkan, jelasnya. 

Dan sebagai harapan kami bersama masyarakat dengan ada "Rumpil Ingez" ini bisa memotivasi masyarakat khususnya nya Kelurahan Mataram barat untuk dapat menjadikan sebagian dari produksi sampah di rumahnya dapat di jadikan sesuatu yang bermanfaat, dan dapat melahirkan kan lingkungan Mataram Barat jadi sebuah lingkungan yang sehat dan bersih, tutur lurah Sri.

Acara Launching Rumpil Ingez ini di hadiri oleh ketua DPRD kota mataram Didi Sumardi, Bapak Gubernur NTB yang diwakili Asisten II Ridwansyah, perwakilan  DLHK kota dan Provinsi serta Camat Mataram dan seluruh staf kelurahan Mataram Barat,  kelompok-kelompok masyarakat yang ada di kelurahan Mataram Barat. 

Kegiatan peresmian Rumpil Ingez ini mulai dibuka dengan ditandai  Pengguntingan pita oleh Gubernur NTB yang diwakili oleh Asisten II yang didampingi oleh segenap Undangan yang hadir.

Dengan demikian maka Rumah Pemilahan Sampah ini sudah mulai beroperasi. 

Di kesempatan lain masing-masing perwakilan Gubernur dalam hal ini diwakili Asisten II dan ketua DPRD kota mataram sama-sama menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada ibu Lurah Mataram barat dengan langkah seperti ini,  ini akan bisa mengatasi persoalan sampah di kota mataram, kami atas nama lembaga dan pemerintah menyampaikan terimakasih terutama kepada ibu Lurah serta masyarakat mataram barat, 

atas ide dan kerja keras nya demi terlaksana dan terbentuknya wadah ini, dan kami akan sangat mendukung program seperti ini, begitu yang disampaikan oleh Bapak Didi Sumardi dan Bapak Ridwansyah atas nama lembaga dan pemerintah Kota Mataram dan Provinsi NTB.

Semoga semua kelurahan di kota mataram ini dapat melaksanakan program seperti ini, ungkapnya. (Adbravo)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar