Densus 88 Polda Kalbar Tangkap Terduga Teroris Jaringan ISIS di Sungai Pinyuh | Borneotribun.com -->

Jumat, 05 Juni 2020

Densus 88 Polda Kalbar Tangkap Terduga Teroris Jaringan ISIS di Sungai Pinyuh


Fhoto : Penggerebekan Kediaman Terduga Teroris Jaringan Isis Di Sungai Pinyuh, Kalbar/ Ist.

BORNEOTRIBUN I SUNGAI PINYUH - Berawal dari unggahan di media sosial Facebook yang berani tampil sebagai relawan ISIS yang dikenalnya di facebook, terduga teroris AR digeledah dan diamankan oleh tim Gabungan Resmob dan Datasemen Khusus Anti Teror Polda Kalbar. Jumat, 5/6/20.

Pelaku berhasil ditangkap dilokasi Depot Air tempatnya bekerja di Jalan Jurusan Pontianak Kelurahan Sungai Pinyuh, Kecamatan Sungai Pinyuh.
Setelah dilakukan penangkapan selanjutnya tim Gabungan Resmob, Densus, Inafis dan Res Mempawah membawa tersangka ke Polsek Sungai Pinyuh untuk dilakukan pemeriksaan awal dan dilakukan Rapid Tes oleh Satgas Covid 19.

Tersangka kemudian di Bawa ke Pontianak ( Mako Brimob ) oleh sebagian Tim Satgas Densus sedangkan sebagian tim satgas densus lainnya melakukan penggeledehan dirumah kediaman  kakek tersangka di Gg Seroja Rt /Rw 001/004 Kelurahan Sungai Pinyuh dengan disaksikan oleh Lurah Sungai Pinyuh dan Wakil Ketua Rt Setempat.

Alhasil dari penggeledahan Tim Densus 88 Polda Kalbar berhasil mengamankan sejumlah barang bukti yang berkaitan dengan aktifitas tersangka sehari-hari berupa 
Dua Buah Pisau Sangkur, Satu Buah Belati, Satu bungkus Black Powder, Dua Bungkus Belerang, Amunisi Senpi Laras Panjang, Topi berlambang ISIS, Jaket Loreng, Hp andorid, Tab dan Hp Lipat, Buku / Lembaran buku Berisikan Jihad, Satu Box peralatan listrik ( Solder, Baterai, Kabel dll), Identitas tersangka ( KTP dan Paspor) dan Buku Rekening tersangka.


Kapolsek Sungai Pinyuh Kompol M.Pangaribuan,SH,MH melakukan Koordinasi dengan pihak pihak terkait ( Lurah ) untuk menyaksikan penggeledahan dan melakukan penggalangan kepada tokoh agama, Ketua Rt dan  Masyarakat di sekitar lokasi kejadian paska kejadian penangkapan sedangkan Unit Intelkam dan Bhabinkamtibmas melaksanakan pembinaan dan penggalangan kepada pihak keluarga tersangka untuk diberikan penjelasan dan pencerahan tentang langkah upaya hukum yang di laksanakan dari pihak Kepolisian.

Bertempat di Ruang Pertemuan Motel Jumbo Sungai Pinyuh telah dilukan gelar ( Konsolidasi) kembali oleh Dir Krimum Polda Kalbar Kombes Pol Veris Septiansyah,S.I.K,SH,MH kepada Satuan Tugas dari Densus 88, Brimob, Krimum Polda Kalbar, Polres Mempawah dan Polsek Sungai Pinyuh terkait dengan penangkapan tersangka terosis ISIS Arif Ridwan dengan beberapa penekanan.

" kita segera melakukan monitoring situasi pasca penangkapan, menghindari tindakan arogansi dan lakukan pendekatan, tidak melakukan ekspose sendiri tetapi harus melalui jenjang dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada kesatuan yang terlibat didalam proses penangkapan tersebut ". Ujar Kapolsek Sungai Pinyuh Kompol M. Pangaribuan.

Pihak kepolisian memprediksi untuk tidak menutup kemungkinan paska penangkapan terhadap tersangka Arif Ridwan dengan status sebagai Kelompok jaringan ISIS memberikan dampak yang besar bagi pihak keluarga dimana pihak keluarga merasa perbuatan Arif Ridwan telah mencoreng nama baik keluarga dan terhadap upaya penggeledahan rumah dan penyitaan terhadap barang bukti yang dilakukan oleh Kepolisian secara Kejiwaan telah menimbulkan truma bagi pihak keluarga.

Tidak menutup kemungkinan paska penggeledahan tersebut terjadi komplain dari pihak keluarga tersangka kepada pihak Kepolisian yang mengamankan barang bukti milik tersangka baik komplain secara terbuka ( Unjuk Rasa ) Atau melalui Jalur Hukum dan tidak menutup kemungkinan masih adanya jaringan-jaringan Radikal lain yang masih aktif dan  belum tersentuh oleh pihak Kepolisian.


Penulis : Tim Liputan
Editor    : Herman

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar