Pemerintah Desa Penyuguk Kecamatan Ella Hilir Lakukan Pemetaan Wilayah Desa | Borneotribun.com -->

Rabu, 01 September 2021

Pemerintah Desa Penyuguk Kecamatan Ella Hilir Lakukan Pemetaan Wilayah Desa

Pemerintah Desa Penyuguk Kecamatan Ella Hilir Lakukan Pemetaan Wilayah Desa.


BORNEOTRIBUN MELAWI, KALBAR - Pemerintah Desa Penyuguk Kecamatan Ella Hilir bekerjasama dengan Masyarakat melakukan pemetaan wilayah Desa Penyuguk, Senin (30/08/2021).


Kepala Desa Penyuguk Budi, menjelaskan Batas yang kita kerjakan di bagian wilayah yang berbatasan lansung dengan desa jabai, karangan kora, kempangai dan desa tanjung paku yang merupakan wilayah administrasi kabupaten seruyan Provinsi Kalimantan Tengah. Setiap melakukan titik dan jalur batas Kita beri pantok dengan kode masing-masing dan di beri koordinat, agar suatu saat kita bisa mendeteksi bahwa ini adalah batas wilayah administrasi desa penyuguk. 


Budi, melanjutkan bahwa kegiatan pemetaan adalah bagian dari upaya awal untuk menyusun basis data desa yang lengkap dan akurat. Basis data yang lengkap dan akurat sangat diperlukan sebagai dasar penyusunan perencanaan pembangunan desa.


“Kita kepengin memiliki perencanaan yang baik, perencanaan yang berkualitas. Perencanaan pembangunan yang berkualitas harus didukung dengan basis data yang akurat dan lengkap. Dan ini menjadi bagian penting dalam pelaksanaan kewenangan desa”, ungkap Budi.


Pemerintah Desa Penyuguk Serta Masyarakat melakukan Pengukuran dan pemotretan seluruh wilayah Desa Penyuguk. Selanjutnya hasil pemetaan itu akan diolah sehingga bisa memberikan informasi yang bermakna. Informasi inilah yang kemudian dijadikan dasar atau rujukan untuk penyusunan perencanaan dan pengambilan keputusan di tingkat desa.


Untuk saat ini kita hanya mengerjakan batas wilayah di 4 desa saja, Tahun depan akan di lanjutkan lagi di wilayah perbatasan Kalimantan Tengah antara lain sebagian dari wilayah administrasi desa tanjung paku dan wilayah perusahaan kayu PT. Sari bumi kusuma yang berada di jalan koridor KM 80 dan desa mandau baru dan dusun inau desa jabai yang berada di wilayah Kalimantan Barat.


Kegiatan pengolahan peta desa akan melibatkan perangkat desa dan masyarakat. “Ini adalah kegiatan pemetaan partisipatif yang melibatkan Pemerintah Desa dan masyarakat dalam pengolahan datanya. Pemetaan desa menjadi bagian penting dari reformasi tata kelola sumber daya desa”, tutup Kepala Desa Budi.


Penulis : Erik.P

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar