Pemerintah China Bantu Alkes COVID-19 Ke Indonesia Bernilai Rp7,12 miliar | Borneotribun.com -->

Selasa, 24 Maret 2020

Pemerintah China Bantu Alkes COVID-19 Ke Indonesia Bernilai Rp7,12 miliar

Paket bantuan dari perusahaan di China yang berivenstasi di Indonesia.[Antara Foto/M Eisyal]

Jakarta -‐‐ Paket alat kesehatan (alkes) yang diterima Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dari pemerintah China untuk memerangi wabah Virus Corona disebut bernilai US$433 ribu atau sekitar Rp7,12 miliar.

Dilansir dari CNN Indonesia,Paket bantuan itu diangkut sebelumnya menggunakan pesawat TNI AU berjenis Hercules C-130 yang tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (21/3). Dari rilis yang diterima CNNIndonesia.com, bantuan itu berasal dari sejumlah perusahaan asal China yang berinvestasi di tanah air.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Pertahanan Brigadir Jenderal Totok Sugiharto memaparkan Prabowo telah menyerahkan bantuan tersebut kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Bantuan ini berupa alat-alat kesehatan, seperti alat untuk rapid test dan alat pelindung diri (APD).

"Ini adalah humanitarian aid hasil kerja sama antara Kementerian Pertahanan RRT dengan Kementerian Pertahanan RI, dimana sejumlah perusahaan asal Tiongkok yang berinvestasi di Indonesia juga berpartisipasi dalam bantuan kemanusiaan ini," kata Totok melalui rilis, Selasa (24/3).

Bantuan ini, kata Totok, selanjutnya akan didistribusikan oleh gugus tugas kepada sejumlah rumah sakit yang dirujuk untuk penanganan Covid-19. Misalnya, RSPAD Gatot Subroto, RS Dr. Suyoto, RSPI Sulianti Saroso, RS Persahabatan dan RS Pertamina.

Dalam kesempatan itu, Totok juga menyampaikan bahwa penanganan wabah Covid-19 ini memang memerlukan kerjasama baik antara kementerian, masyarakat maupun antar-negara.

"Penanganan Covid-19 memerlukan kerja sama yang erat antar semua pihak, termasuk kerja sama antar negara, mengingat virus ini sudah menjadi pandemik global," katanya.

Sumber: CNN Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar