Viral Video Makan Teluk Rebus Tangkal Corona, Pembuat Video Di Cari Polisi | Borneotribun.com -->

Sabtu, 28 Maret 2020

Viral Video Makan Teluk Rebus Tangkal Corona, Pembuat Video Di Cari Polisi

Ilustrasi telur rebus yang bisa mencegah Virus Corona. (Foto: CNN)

BORNEO TRIBUN --- Sejumlah hoaks marak beredar di era pandemi Virus Corona. Misalnya, berkumur dengan air garam yang hangat bisa menghilangkan Covid-19.

Hingga Pemerintah Indonesia sudah memutuskan lockdown.

Terakhir ini vidio viral yang menghebohkan masyarakat Madura Jawa Timur. Makan telur rebus di tengah malam hingga sebelum subuh untuk mencegah Virus Corona.

Guna menyikapi hal ini, polisi melakukan penydikan terhadap vidio tersebut. Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko.

Mengaku pihaknya menyelidiki video viral tersebut. Proses penyelidikan, katanya, dilakukan lewat analisis digital forensik terhadap video tersebut.

“Dari kualitas videonya saja, itu sudah tampak editan. Kita akan selidiki dulu,” kata dia

merebaknya vidio viral dari informasi yang dihimpun,CNN Indoensia, kejadian dalam video itu terjadi pada Rabu (25/3) sekitar pukul 02.30 WIB.

“Kabarnya ada seorang bayi dapat berbicara dan memberi pesan agar masyarakat mengonsumsi telur rebus di tengah malam supaya tidak terjangkit virus corona,” kata Andikur Rahman (35), warga Desa Larangan Dalam, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Jawa Timur, dilansir CNNIndonesia.com, Kamis (26/3).

Warga kampung di sekitarnya pun, kata dia, tiba-tiba rami-ramai bangun tengah malam mengonsumsi atau membeli telur ke toko.

Warga Kelurahan Cungcangcang, Kota Pamekasan, Muhammad Halik, juga mendapat informasi seputar telur itu setelah ditelepon keluarganya yang sedang merantau ke luar negeri.

“Saya ditelepon paman bahwa sebelum subuh disuruh makan telur rebus. Pesannya untuk mencegah dan tidak terjangkit Virus Corona,” tuturnya.

Menurut dia, sejumlah teman kuliahnya pun mendadak ramai membahas isu makan telur yang bisa menyembuhkan penyakit.

“Di sosmed seperti WhatsApp dan Facebook pun tiba-tiba membahas telur,” jelasnya.(BC-AM)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar