Rusia melihat risiko bentrokan yang tidak disengaja dengan NATO di Arktik | Borneotribun.com -->

Senin, 18 April 2022

Rusia melihat risiko bentrokan yang tidak disengaja dengan NATO di Arktik

Rusia melihat risiko bentrokan yang tidak disengaja dengan NATO di Arktik
Duta Besar Kementerian Luar Negeri Rusia Nikolay Korchunov. (Foto: Kementerian Luar Negeri Rusia)


Borneo Tribun, Jakarta -- Kementerian Luar Negeri Rusia Nikolay Korchunov mengatakan Rusia prihatin tentang keterlibatan negara-negara non-Arktik NATO dalam kegiatan militer aliansi di wilayah utara dan mencatat risiko bentrokan yang tidak disengaja dengan pasukan aliansi di Kutub Utara, Duta Besar.


"Internasionalisasi kegiatan militer Aliansi di lintang tinggi, di mana negara-negara NATO non-Arktik terlibat, pasti menimbulkan kekhawatiran," kata diplomat itu, yang juga Ketua Komite Pejabat Senior di Dewan Arktik Dikutip Tass Senin (18/4).


"Ini meningkatkan risiko insiden yang tidak disengaja, yang selain risiko keamanan, juga dapat menyebabkan kerusakan serius pada ekosistem Arktik yang rapuh." katanya.


Latihan militer NATO di utara Norwegia tidak membantu keamanan di Kutub Utara, kata Korchunov. "Aktivitas NATO yang meningkat baru-baru ini di Kutub Utara adalah masalah yang memprihatinkan," katanya. "Baru-baru ini, latihan militer skala besar lainnya dari aliansi berlangsung di utara Norwegia, yang menurut kami tidak berkontribusi untuk memastikan keamanan di kawasan itu."


Latihan internasional berskala besar Cold Response dimulai di Norwegia pada 14 Maret dan berlangsung selama dua minggu. Itu adalah manuver terbesar yang dipimpin Norwegia sejak 1980-an, kata Kementerian Luar Negeri negara itu. Latihan tersebut melibatkan sekitar 30.000 tentara dari 27 negara bagian, termasuk Finlandia dan Swedia yang merupakan negara mitra NATO.


Swedia dan Finlandia

Jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, itu akan merusak keamanan dan kepercayaan di Kutub Utara, kata Korchunov.


“Tentu saja, ekspansi NATO dengan mengorbankan negara-negara non-blok secara tradisional tidak akan berkontribusi pada keamanan dan rasa saling percaya di Arktik, penguatan yang secara konsisten diadvokasikan oleh Rusia,” kata diplomat, yang juga Ketua Komite Pejabat Senior. di Dewan Arktik, ketika mengomentari prospek bahwa Swedia dan Finlandia akan bergabung dengan NATO.


Diplomat itu mengatakan diskusi tentang masalah ini sedang berlangsung di Stockholm dan Helsinki. “Saya ingin mencatat bahwa komitmen jangka panjang Stockholm dan Helsinki terhadap kebijakan non-alignment dengan aliansi militer telah menjadi faktor penting dalam stabilitas dan keamanan di kawasan Eropa Utara dan di benua Eropa secara keseluruhan. ," kata Korchunov.


Sebelumnya, The Times melaporkan, mengutip sumber, bahwa Helsinki dan Stockholm dapat mengajukan keanggotaan pada awal musim panas. Pada hari Kamis, Wakil Ketua Dewan Keamanan Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa Rusia akan memperkuat perbatasan baratnya jika Swedia dan Finlandia bergabung dengan NATO, dan kemudian "tidak akan ada lagi pembicaraan tentang status non-nuklir untuk Baltik.".


Format alternatif

Rusia memperingatkan Barat tentang konsekuensi negatif dari upaya membentuk format selain Dewan Arktik, kata Korchunov.


"Kemungkinan upaya untuk membangun, dalam situasi saat ini, beberapa struktur kerja sama alternatif di Kutub Utara hanya akan mengarah pada penciptaan garis pemisah dan akan mengintensifkan kecenderungan sentrifugal, yang akan merusak prinsip kolektif yang telah kami pandu secara tradisional ketika membuat keputusan di wilayah Kutub Utara, " dia berkata.


Jeda dalam pekerjaan Dewan Arktik "akan memberi tahu buruk pada upaya untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Arktik, pertama-tama, masyarakat adat Utara, yang menikmati status anggota tetap organisasi ini," katanya. . "Kerja sama yang saling menguntungkan antara masyarakat adat dari semua negara bagian Arktik tidak boleh menjadi sandera dalam situasi politik saat ini."


Semua negara Dewan Arktik kecuali Rusia mengeluarkan pernyataan tertulis pada 3 Maret yang menolak untuk mengambil bagian dalam setiap pertemuan Dewan baik yang dipimpin oleh Rusia atau berlangsung di wilayahnya atas situasi di sekitar Ukraina.


Dewan Arktik adalah organisasi antar pemerintah negara-negara Arktik. Anggotanya adalah Denmark (bersama dengan Greenland dan Kepulauan Faroe), Islandia, Kanada, Norwegia, Amerika Serikat, Finlandia, Swedia, dan Rusia). Pada tahun 2021, ketika Dewan menandai ulang tahun ke-25, kepresidenan dua tahun datang dari Islandia ke Rusia.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar