Ribuan warga Kota Pontianak Merayakan Awal Ramadhan dengan Pawai Akbar | Borneotribun.com -->

Minggu, 10 Maret 2024

Ribuan warga Kota Pontianak Merayakan Awal Ramadhan dengan Pawai Akbar

Ribuan warga Kota Pontianak Merayakan Awal Ramadhan dengan Pawai Akbar
Peserta Pawai Akbar di Kota Pontianak membawa miniatur Ka'bah dalam pawai menyambut Ramadhan, Sabtu (9/3/2024). (ANTARA/Kurnia)
PONTIANAK - Ribuan warga Kota Pontianak, Kalimantan Barat, memeriahkan suasana dengan mengikuti Pawai Akbar yang diselenggarakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah. Penjabat Wali Kota Pontianak, Ani Sofian, menyatakan pentingnya menyambut bulan Ramadan dengan sukacita dan kesyukuran.

"Bulan Ramadan adalah bulan yang agung, bulan yang mulia, bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Untuk itu lah kita sambut dengan suka cita dan bersama," ujarnya saat melepas Pawai Akbar di depan Kantor Wali Kota Pontianak.

Dia menjelaskan bahwa Pawai Akbar ini merupakan upaya untuk memupuk kebersamaan, semangat ukhuwah islamiah, serta menjadi bentuk kegembiraan masyarakat dalam menyambut Ramadan 1445 Hijriah.

"Marilah kita sambut bulan suci Ramadhan ini dengan rasa syukur dan sukacita, bersihkan hati dan saling memaafkan satu dengan yang lain karena dengan hati yang bersih, kita dapat menjalani amal ibadah bulan puasa dengan baik dan ikhlas," katanya.

Selain itu, Ani menekankan bahwa puasa juga memiliki dimensi pendidikan, mengajarkan umat untuk merasakan lapar dan menjadi lebih peduli terhadap sesama, terutama mereka yang hidup di bawah garis kemiskinan.

"Dengan rasa lapar juga kita diajarkan untuk peduli dengan penderitaan orang lain," ujarnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain dalam keberagaman, sehingga tercipta suasana aman, damai, dan harmonis di Kota Pontianak.

Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pontianak, Iwan Amriady, menjelaskan bahwa Pawai Akbar diikuti oleh 58 kelompok peserta, yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, seperti pengurus masjid, surau, majelis taklim, pondok pesantren, siswa-siswi SMP, MTs, SMA, MA, SMK, serta perwakilan kantor kecamatan dan drumband se-Kota Pontianak.

Kegiatan tersebut melibatkan pawai jalan kaki dan penampilan kelompok drumband dengan rute yang dimulai dari depan Kantor Wali Kota Pontianak dan berakhir di tempat yang sama.

"Panitia juga menyediakan hadiah dan doorprize bagi peserta. Melalui momentum perayaan hari besar Islam, seperti kegiatan Pawai Akbar ini diharapkan dapat lebih membudayakan nilai-nilai islami ke dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai bentuk pengamalan terhadap ajaran agama Islam untuk meningkatkan kualitas umat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari," kata Iwan.

Dengan berbagai kostum dan ornamen islami, peserta terlihat antusias dalam mengikuti Pawai Akbar tersebut, yang diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai keislaman dan meningkatkan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Sumber: Antara/Dedi
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar