Harga Sabun Mandi Mulai Naik di Pasar Modern Emerald Bintaro | Borneotribun.com -->

Sabtu, 05 Februari 2022

Harga Sabun Mandi Mulai Naik di Pasar Modern Emerald Bintaro

Harga Sabun Mandi Mulai Naik di Pasar Modern Emerald Bintaro
Harga sabun mulai naik mengikuti minyak goreng belakangan ini. Berikut rincian kenaikannya. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Fiqih Rusdy Zulkarnain).

BorneoTribun Jakarta - Kenaikan tertinggi terjadi pada harga sabun mandi. Harga sabun di sejumlah pasar ikut naik mengikuti minyak goreng. 

Hal itu dikatakan Penjaga toko sabun di Pasar Modern Emerald Bintaro bernama Isan menyebut kenaikan.

Dikatakannya, harga sabun mandi yang berisi 450 ml harga naik sampai 20 persenan dengan harga awalnya Rp25 ribu menjadi Rp30 ribu per botol.

Ia mengungkapkan pada bulan januari semua naik bersamaan.

"Rata-rata semua sabun naik harganya, paling yang tidak naik tuh softener dan pewangi saja," jelas Isan saat dilansir BorneoTribun dari CNN Indonesia, Jumat (4/2/2022).

Karena kenaikan harga itu, ia harus mencoret daftar harga brosur yang berisi harga-harga jenis sabun yang dijual di toko miliknya dengan spidol hitam untuk menyesuaikan dengan harga baru.

"Naiknya rata-rata Rp1.000-Rp2.000 untuk sabun. Misalnya sabun cuci piring, tadinya Rp14 ribu sekarang Rp15 ribu, sabun mandi naik juga, dari Rp25 ribu sekarang Rp30 ribu," sebut Isan.

Selain itu, sabun cuci piring extra naik dari Rp15 ribu menjadi Rp17 ribu, Super Pel meningkat dari Rp12 ribu menjadi Rp13 ribu, shampoo dengan conditioner naik dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu, dan shampoo tanpa conditioner naik dari Rp18 ribu menjadi Rp19 ribu.

Sedangkan bahan-bahan non-sabun seperti penghilang noda, pelicin dan parfum laundry masih dijual dengan harga stabil. Namun kenaikan tak terjadi di penjual sabun di Toko Prima, Pasar Modern Emerald Bintaro Jaya.

Ia mengaku semua barang jualannya masih memiliki harga standar dari awal tahun.

"Harganya masih sama. Enggak ada yang naik sih, masih segitu-segitu aja," sebutnya.

Pedagang di toko itu yang enggan disebutkan namanya mengaku cukup heran ketika mendengar dari para pendatang bahwa mereka mendengar harga sabun akan naik.

"Yang naik minyak goreng kan? Sabun enggak ada yang naik," ujarnya.

Hal serupa juga terjadi di Pasar Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat. Pedagang sabun di Pasar Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat bernama Mega mengatakan harga sabun dan deterjen yang ia jual belum mengalami kenaikan dan masih terpantau stabil dari agen.

"Udah lama sih. Harganya masih itu-itu aja buat sabun mandi. Masih Rp3.500 sampai Rp4.000 per batang," ujar Mega Kamis (3/2).

Ia mengatakan meski minyak goreng mengalami kenaikan, sabun masih relatif stabil. Ia memang sempat mendengar berita bahwa harga sabun turut mengalami kenaikan sebagai imbas kenaikan harga sawit.

"Tapi, masih biasa harganya, belum ada yang naik. Minyak lagi naik, tapi sabun enggak sih," kata Mega.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar