Ketegangan Rusia-Ukraina Meningkat | Borneotribun.com -->

Rabu, 16 Februari 2022

Ketegangan Rusia-Ukraina Meningkat

Ketegangan Rusia-Ukraina Meningkat
Tentara penjaga kehormatan menghadiri upacara untuk menandai penarikan pasukan Rusia dari Afghanistan, di Kyiv, Ukraina, Selasa, 15 Februari 2022.


BorneoTribun.com - Diplomasi telah mencapai klimaks antara sekutu NATO dan Presiden Vladimir Putin, dan Gedung Putih menawarkan pemimpin Rusia dua pilihan: invasi ke Ukraina, dengan konsekuensi bencana; atau merundingkan perdamaian yang dianggap Putin sebagai konsesi yang memalukan. Apa langkah selanjutnya?


Gedung Putih menegaskan hanya ada satu jalan keluar dari krisis yang memuncak ini, yaitu melalui diplomasi, sementara Rusia terus mengerahkan pasukan dan melakukan latihan di sepanjang perbatasan Ukraina.


Tetapi setelah pembicaraan tingkat tinggi selama akhir pekan yang hiruk pikuk antara Presiden Joe Biden dan para pemimpin Rusia dan Ukraina, fakta yang meresahkan tetap ada: tidak ada yang tahu apa langkah Presiden Vladimir Putin selanjutnya.


Deputi juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre berkata, “Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kami berada di saat invasi dapat dimulai kapan saja. Kami tidak akan mengomentari rincian intelijen kami, kecuali untuk mengatakan bahwa invasi bisa dimulai minggu ini. situasi apa pun."


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, Senin (14/2) mengatakan semua tanda mengarah ke invasi. “Kami diberitahu bahwa 16 Februari akan menjadi hari invasi. Kami akan menjadikannya hari persatuan nasional. Keputusan terkait telah ditandatangani. Kami akan memasang bendera nasional, memasang pita kuning-biru, dan kami akan menunjukkan persatuan kepada seluruh dunia."


Washington telah mengirim ratusan juta bantuan militer ke Ukraina, dan Senin memerintahkan relokasi sementara kedutaan AS di Kyiv.


Will Pomeranz, direktur Institut Pusat Kennan Wilson, mengatakan kepada VOA bahwa Putin tidak mungkin mundur. Putin telah menuntut agar Ukraina dilarang bergabung dengan aliansi NATO; AS telah menolak permintaan tersebut, dengan alasan kebijakan pintu terbuka NATO.


"Saya tidak melihat Putin benar-benar memiliki pilihan untuk mundur. Karena dia telah mempertaruhkan banyak hal selama krisis ini, dan mundur dan mengatakan 'tidak masalah', bukanlah strategi Vladimir Putin," jelasnya.


Pada Senin (14/2), Kanselir Jerman Olaf Scholz mengunjungi Kyiv, menjelang lawatan Selasa ke Moskow. Dia menuntut "langkah yang jelas untuk mengurangi ketegangan saat ini."


"Kami siap untuk berdialog serius dengan Rusia mengenai isu-isu yang menyangkut keamanan Eropa. NATO dan AS mengajukan proposal ke Rusia yang kami dukung. Kami sekarang mengharapkan reaksi dan jawaban dari Rusia."


Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan Selasa, “Ketika pelatihan berakhir, pasukan, seperti biasa, akan kembali ke pangkalan mereka. Unit-unit dari divisi militer Selatan dan Barat yang menyelesaikan tugasnya sudah mulai menaiki kereta api dan kendaraan bermotor. Mereka akan mulai pindah ke markas tetap mereka."


Biden mengatakan sekutu NATO tegas bahwa Rusia akan menghadapi sanksi keras jika menyerang. [saya/lt]


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar