Paolus Hadi Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas | Borneotribun.com -->

Rabu, 16 Februari 2022

Paolus Hadi Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas

Paolus Hadi Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang Kecamatan Kapuas
Bupati Sanggau Melaksanakan Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang.

BorneoTribun Sanggau, Kalbar- Telah dilaksanakan tanam perdana, tanam jagung manis bertempat di Dusun Sungai Langer, Desa Mengkiang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar pada Rabu 16 Februari 2022.

Bupati Sanggau dalam sambutanya kita bersama-sama mencoba untuk  mengerakan tanaman hortikultura di Dusun Sungai Langer ini. 

"Tadi sudah kita canangkan bahwa Desa Mengkiang secara khusus Dusun Langer ini untuk menjadi kampung hortikultura,” ujarnya.

Kemudian Bupati Sanggau berharap seluruh produksi hortikultura bisa tersedia dan bisa di datang ke pasar. 
Bupati Sanggau Melaksanakan Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang
Bupati Sanggau Melaksanakan Tanam Perdana Jagung Manis di Desa Mengkiang.

"Tentu banyak faktor yang mendukung kita coba untuk meliputi banyak hal yang mempengaruhi dan kita jadikan satu konsep, bagaimana juga hasil mereka bisa sampai ke pasar, tenaga kerja mereka di lindungi dengan BPJSnya, alam terjaga dan paling terpenting kesejahteraan mereka meningkat. Hari ini kita juga mulai menanam jagung tanpa bakar, dengan memanfaatkan kiri dan kanan badan jalan,” tegasnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi juga mengajak masyarakat Dusun Sungai Langer untuk memanfaatkan perkarangan rumah.

"Kita mengajak masyarakat Dusun Sungai Langer untuk memanfaatkan perkarangan rumah maupun lahan kosong milik masyarakat untuk menanam tanaman hortikultura," pintanya.

Di akhir sambutannya, Bupati juga kembali mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan.

Mari kita selalu menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker, rajin cuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Guna menghindari penyebaran Covid-19," Bupati mengingatkan kembali.

Kemudian Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Hangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau Kubin menyampaikan untuk gerakan tanam ini kurang lebih tiga Hektar artinya sepanjang jalan tiga kilo ini kiri-kanan jalan yang baru dibuka Pemkab Sanggau akses jalan dari Kabupaten Sanggau menuju Dusun Sungai Langer kita tanam jagung tiga kelompok tani (poktan). 

"Bersama dengan kelompok tani, kami juga siap segala macam hal salah satunya dengan pupuk yang akan kita bantu. Kemudian dalam hal menanam jagung ini kita juga bekerjasama dengan PT. Fimantara sebagai mitra kami dalam mensukseskan terwujudnya kampung hortikultura," ujarnya.

"Kemudian di lanjutkan vaksinasi kepada masyarakat Dusun Sungai Langer, selama mengikuti vaksinasi tersebut, pelaksana dan peserta menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Mereka memakai masker dan menjaga jarak ketika berada di dalam antrean," tutupnya.

Hadir pada tanam perdana itu Bupati Sanggau Paolus Hadi, Dandim 1204/Sanggau Letkol Inf Bayu yudha Pratama, Kasat Sabhara Polres Sanggau AKP Sri Mulyono, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Kepala Dinas Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Sanggau John Hendri, Kadisporapar Libertus Toto Martono, Kepala Dinas Penanaman Modal dan PTSP Alipius, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau Ginting, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Sanggau Aloysius Yanto, Kepala Desa Mengkiang Junaidi, Perwakilan Perusahaan PT Fimantara.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar