Ritual Adat Cap Go Meh Tahun 2022, Paolus Hadi Nyalakan Kembang Api | Borneotribun.com -->

Rabu, 16 Februari 2022

Ritual Adat Cap Go Meh Tahun 2022, Paolus Hadi Nyalakan Kembang Api

Ritual Adat Cap Go Meh Tahun 2022, Paolus Hadi Nyalakan Kembang Api
Bupati Sanggau Paoulus Hadi Menyalahkan Mercon di Perayaan Cap Go Meh di Pekong Tridharma.

BorneoTribun.com Sanggau, Kalbar- Pergelaran ritual adat Cap Go Meh tahun 2022, acara berlangsung di pekong Tridharma, Kelurahan ilir Kota, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalbar, pada Selasa 15 Februari 2022. 

Di dalam ritual adat Cap Go Meh yang berlangsung di Pekong Tridharma tersebut, terdapat pertunjukan Barongsai, dan ritual adat lainya, selain pertunjukan Barongsai yang di suguhkan dalam acara ritual Cap Go Meh 2022 di Pekong Tridharma, Bupati Sanggau Paolus Hadi berkesempatan Menyalakan Kembang api, ritual yang menandakan penutupan hari raya imlek bagi masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sanggau. 

Bupati Sanggau Paolus Hadi di dampingi Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, dan Forkopimda Kabupaten Sanggau, menghadiri ritual adat Cap Go Meh 2022 di Pekong Tridhrma, selain itu juga para ketua Paguyuban di Kabupaten Sanggau serta Dinas terkait di lingkungan Pemkab Sanggau, hadir di acara ritual adat Cap Go Meh 2022, yang mengusung tema, "Adat Tradisi Lestari, Negri Jadi Pelangi".

Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan, agenda Pemerintah Kabupaten Sanggau tentunya bersama masyarakat Tionghoa merayakan hari raya Cap Go Meh, ini sudah menjadi agenda rutin pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dirayakan.

"Namun 2 tahun terakhir ini kita hanya fokus melaksanakan ritual saja, tanpa merayakannya, hal itu dikarenakan pandemi Covid-19 yang melanda negri ini," terangya. 

"Sebelum pandemi Covid-19 kita bisa melaksanakan festival-festival pertunjukan, ciri khas kebudayaan Tionghoa, tapi hari ini kita belum bisa melaksanakan itu secara total," ungkap Paolus Hadi. 

"Saya berpesan kepada masyarakat Tionghoa di Kabupaten Sanggau untuk tetap semangat, jadilah pelangi sebagaimana tema dalam ritual adat Cap Go Meh di tahun 2022 ini, berikanlah untuk semua orang yang indah yang memancarkan warna-warni bagi masyarakat Sanggau," pesan Paolus Hadi di dalam acara tersebut. 

dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sanggau Aldi Hermawan mengatakan, tujuan dari kegiatan ritual Cap Go Meh  pada hari ini sebagai penutup, dari hari raya Imlek yang di rayakan oleh masyarakat Tionghoa yang ada di Kabupaten Sanggau. 

"jadi hari ini penutupnya, ini merupakan hari terakhir untuk Masyarakat Tionghoa untuk merayakan Imlek, jadi besok sudah bisa beraktivitas seperti biasa," ungkap Hermawan.

Hermawan selaku Ketua Majelis Adat Budaya Tionghoa (MABT) Kabupaten Sanggau, merasa berterimakasih kepada Pemkab Sanggau yang telah mendukung sepenuhnya ritual adat Cap Go Meh di Kabupaten Sanggau. 

Itu adalah sesuatu hal yang positif yang di tunjukan Pemkab Sanggau terhadap seluruh masyarakat di Sanggau, dan itu menjadikan masyarakat Sanggau tenang dan nyaman walau hidup berdampingan dengan keberagaman etnis dan suku bangsa, namaun bisa hidup berdampingan dengan damai," tutup Hermawan.

(Libertus)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar