TPA Sampah Di Sekadau Terbakar Api | Borneotribun.com -->

Senin, 17 April 2023

TPA Sampah Di Sekadau Terbakar Api

Tim TRC BPBD Sekadau melakukan upaya pemadaman api di TPA Sampah jalan sanggau.
Sekadau, Kalbar - Kebakaran melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah yang berada di Jalan Raya Sekadau - Sanggau, Dusun Ensali, Desa Ensalang, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat. Peristiwa ini terjadi pada hari Senin, 17 April 2023, pukul 09:00 Wib.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Ir. Akhmad Suryadi, M.T, mengungkapkan bahwa kebakaran bermula saat seorang pemulung membakar ban luar bekas kendaraan untuk mengambil kawatnya. Petugas TPA yang melihat asap segera melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan.

Jarak antara titik awal pembakaran dengan tumpukan sampah di sekitar TKK (Tempat Kejadian Kebakaran) hanya sekitar 10 meter, sehingga api cepat merembet ke lokasi sekitar dan membakar sampah-sampah yang ada. Angin dan cuaca yang mendukung membuat api sulit untuk dipadamkan.

Tim pemadam kebakaran berhasil menjinakkan api dan melakukan pendinginan TKK pada pukul 15:35 WIB, kemudian kembali ke Posko Penanggulangan Bencana dan Kebakaran. Akhmad mengatakan bahwa Posko Penanggulangan Bencana dan Kebakaran menerima laporan dari Pak Hengki via telepon pada pukul 12:15 WIB mengenai kebakaran di TPA Sampah Dusun Ensali, Desa Ensalang.

Anggota Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Sekadau yang bertugas saat itu langsung bergerak menuju lokasi kejadian pada hari Senin, 17 April 2023. Mereka tiba di TKK pukul 12:38 WIB dan segera melakukan pemadaman, analisa, serta pendinginan di lokasi.

Setelah berhasil memadamkan api dan melakukan analisa, Akhmad mengungkapkan bahwa situasi di lokasi kejadian telah terkendali dan mobil pemadam kebakaran telah kembali ke pos Damkar.

(Tim/R. Hermanto)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar