BI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Efisiensi Pengawasan | Borneotribun.com -->

Jumat, 01 Maret 2024

BI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Efisiensi Pengawasan

BI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Efisiensi Pengawasan. (Gambar ilustrasi)
BI Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Efisiensi Pengawasan. (Gambar ilustrasi)
JAKARTA - Kepala Departemen Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Dicky Kartikoyono, mengungkapkan bahwa BI sedang memperkuat pengawasan transaksi dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI).

Dalam pernyataannya di Jakarta pada Kamis, Dicky Kartikoyono menjelaskan bahwa BI sedang mengembangkan sistem pengawasan yang lebih efektif dengan menggunakan teknologi AI. Dia menyebut salah satu teknologi yang saat ini tengah dikembangkan, yakni Proactive Risk Management.

"Dengan masuknya AI dalam sistem pengawasan, kami mendapatkan bantuan yang signifikan. Contohnya, teknologi Proactive Risk Management yang sedang kami kembangkan," ujar Dicky.

Dicky menegaskan bahwa pengawasan transaksi secara real-time dan deteksi penipuan juga akan ditingkatkan melalui pendekatan teknologi. Dia menyatakan bahwa penggunaan teknologi dalam pengawasan ekosistem keuangan secara menyeluruh menjadi fokus utama BI.

Selain untuk pengawasan, teknologi kecerdasan buatan juga akan dimanfaatkan dalam sistem pembayaran. Data yang dikumpulkan dari sistem pembayaran melalui AI akan digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan oleh BI dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

"Konsep implementasi kecerdasan buatan dalam pengumpulan data tersebut telah kami susun, dan kami berencana untuk mengembangkan AI generatif yang dapat membantu dalam analisis," jelas Dicky.

Menurutnya, pengumpulan data menjadi hal yang penting dalam proses ini. "Semua infrastruktur sudah kami bangun, dan fokus utama kami saat ini adalah pengumpulan data," tambahnya.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar