Peringatan Tsunami berlaku untuk AS saat Gelombang menghantam Tonga setelah Letusan Gunung Berapi | Borneotribun.com -->

Minggu, 16 Januari 2022

Peringatan Tsunami berlaku untuk AS saat Gelombang menghantam Tonga setelah Letusan Gunung Berapi

Peringatan Tsunami berlaku untuk AS saat Gelombang menghantam Tonga setelah Letusan Gunung Berapi
Foto twitter @NWSHonolulu.
BorneoTribun.com - sunami telah menghantam pulau terbesar Tonga, Tongatapu, dan dilaporkan mengirimkan gelombang banjir ke ibu kota setelah gunung berapi bawah laut di Pasifik Selatan meledak dalam letusan dahsyat pada hari Sabtu, mengirimkan awan abu dan uap gas ke udara.

Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk pulau Tonga dan sebagian Jepang.

Dilansir BorneoTribun dari edition.cnn.com, (16/1/2022), Peringatan tsunami juga telah dikeluarkan untuk Pulau Utara Selandia Baru dan pantai barat Amerika Serikat dari California hingga Alaska, serta British Columbia Kanada. Gelombang pertama sudah terasa di Pantai Barat AS pada Sabtu pagi, Dave Snider, koordinator peringatan tsunami di Pusat Peringatan Tsunami Nasional Layanan Cuaca Nasional di Palmer, Alaska, mengatakan kepada CNN.

Citra satelit menunjukkan awan abu besar dan gelombang kejut menyebar dari letusan.

Gelombang melintasi garis pantai ibu kota Tonga, Nuku'alofa, pada hari Sabtu, mengalir ke jalan-jalan pantai dan membanjiri properti, menurut afiliasi CNN Radio Selandia Baru (RNZ).

Raja Tonga Tupou VI dievakuasi dari Istana Kerajaan setelah tsunami membanjiri ibu kota, RNZ melaporkan, mengutip laporan media lokal bahwa konvoi polisi dan tentara membawa raja ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Warga menuju tempat yang lebih tinggi, kata RNZ, saat ombak menyapu halaman istana, tepi laut, dan jalan utama.

Abu jatuh dari langit di Nuku'alofa pada Sabtu malam dan koneksi telepon terputus, kata RNZ.

Gunung berapi Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai pertama kali meletus pada hari Jumat, mengirimkan segumpal abu sejauh 20 kilometer (12,4 mil) ke udara, menurut RNZ.

Letusan kedua terjadi pada hari Sabtu pukul 17:26. waktu setempat, RNZ melaporkan.

Biro Meteorologi Australia mengatakan pihaknya mencatat gelombang tsunami 1,2 meter (sekitar 4 kaki) di dekat Nuku'alofa pada pukul 17:30. waktu setempat pada hari Sabtu.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gelombang tsunami setinggi 2,7 kaki (83 cm) diamati oleh alat pengukur di Nuku'alofa dan gelombang setinggi 2 kaki di Pago Pago, ibu kota Samoa Amerika, Reuters melaporkan.

Jese Tuisinu, seorang reporter televisi di Fiji One, memposting video di Twitter yang menunjukkan ombak besar menyapu pantai, dengan orang-orang yang mencoba melarikan diri dari air yang masuk dengan kendaraan mereka. "Ini benar-benar gelap di beberapa bagian Tonga dan orang-orang bergegas ke tempat yang aman setelah letusan," katanya di tweet lain.

Gunung berapi ini terletak sekitar 30 kilometer (18,6 mil) tenggara pulau Fonuafo'ou Tonga, menurut RNZ, dan sekitar 65 kilometer (40 mil) utara Nuku'alofa.

Selain peringatan tsunami, Badan Meteorologi Tonga mengeluarkan peringatan untuk hujan lebat, banjir bandang dan angin kencang di daratan dan perairan pesisir.

Pulau Fiji di dekatnya juga mengeluarkan peringatan publik yang meminta orang-orang yang tinggal di daerah pesisir dataran rendah untuk "pindah ke tempat yang aman untuk mengantisipasi arus kuat dan gelombang berbahaya."

Peringatan tsunami juga berlaku untuk negara kepulauan Pasifik Vanuatu, menurut Kantor Penanggulangan Bencana Nasional, dengan penduduk disarankan untuk menjauh dari garis pantai dan mencari tempat yang lebih tinggi.

Peringatan tsunami berlaku untuk semua daerah pesisir dataran rendah Samoa, kata Badan Meteorologi Samoa, dengan penduduk dan pengunjung disarankan untuk menjauh dari daerah pantai.

Badan Meteorologi Jepang telah mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau Amami selatan dan rantai pulau Tokara di Prefektur Kagoshima dan peringatan tsunami untuk semua wilayah pesisir yang menghadap Samudra Pasifik, lapor lembaga penyiaran publik Jepang NHK. "Tsunami setinggi tiga meter diperkirakan akan mencapai Jepang menyusul letusan gunung berapi bawah laut di negara Pasifik Tonga," kata NHK.

Dampak sudah terlihat di AS


Gelombang pertama sudah mulai menghantam pantai Pasifik AS, Snider dari Pusat Peringatan Tsunami Nasional mengatakan kepada CNN melalui telepon pada hari Sabtu.

Gelombang setinggi 1,2 kaki telah diamati di Nikolski, Alaska, katanya, sementara gelombang setinggi satu kaki diamati di Atka, Adak dan King Cove, Alaska.

"Ini mungkin bukan gelombang terbesar karena ini akan datang," kata Snider kepada CNN, mengatakan acara itu belum berakhir.

Gelombang mencapai AS datang setelah peringatan tsunami dikeluarkan untuk pantai barat AS, termasuk negara bagian California, Oregon, Washington dan Alaska, menurut Pusat Peringatan Tsunami Nasional.

Peringatan Tsunami Pasifik tweeted bahwa tidak ada kerusakan yang dilaporkan sejauh ini dari tsunami yang diamati di Kepulauan Hawaii.

"Tsunami saat ini sedang diamati oleh Manajemen Darurat semua Kepulauan. Kami lega bahwa tidak ada kerusakan yang dilaporkan dan hanya banjir kecil di seluruh pulau," tulis badan tersebut di Twitter.

Adam Weintraub, direktur komunikasi untuk Badan Manajemen Darurat Hawaii, mengatakan kepada CNN bahwa sementara pulau itu telah melihat beberapa air di daerah dataran rendah, tidak ada laporan korban jiwa atau "kerusakan penting" dari tsunami. Dia tidak merinci daerah mana saja yang mengalami banjir ringan.

Dampaknya setara dengan "King Tide yang tinggi," kata Weintraub. "Ada beberapa banjir di tempat parkir dan area pelabuhan, tapi itu banjir yang mengganggu," kata Weintraub, menambahkan bahwa EMA mengawasi setiap perkembangan.

"Kami telah melihat gelombang bergerak melalui Kepulauan Hawaii," kata Dave Snider, koordinator peringatan tsunami di Pusat Peringatan Tsunami Nasional NWS di Palmer, kepada CNN.

Pengamatan saat ini adalah bahwa gelombang setinggi satu hingga dua kaki menuju Pantai Pasifik daratan AS. Perkiraan waktu kedatangan di sepanjang pantai California adalah pukul 07.00 hingga 07.30 Waktu Pasifik.

Berbicara melalui telepon, Snider mencatat: "Kami tidak memiliki perkiraan yang benar-benar bagus karena peristiwa ini didasarkan pada gunung berapi daripada gempa bumi."

Snider mencatat bahwa ini saat ini merupakan peringatan, dan bukan peringatan tsunami, yang berlaku untuk pantai barat AS.

Meskipun demikian, Layanan Cuaca Nasional Seattle mendesak agar berhati-hati di sepanjang Pantai Pasifik AS pada hari Sabtu. "Minggir pantai dan keluar dari pelabuhan dan marina di area ini," cuit NWS Seattle.

“Arus kuat dan gelombang yang lebih besar mungkin terjadi di sepanjang wilayah pesisir ini. Gelombang pertama mungkin bukan yang terbesar,” badan tersebut melanjutkan untuk memperingatkan, menambahkan bahwa gelombang yang lebih besar dapat terus menghantam pantai selama berjam-jam setelah gelombang awal.

"Terus menjauh dari air dan jauh dari pantai di sepanjang wilayah pesisir dan terus pantau pembaruannya," kata badan tersebut.


Selandia Baru dalam siaga


Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk wilayah pesisir di pantai utara dan timur Pulau Utara Selandia Baru dan Kepulauan Chatham, di mana "arus kuat dan tidak biasa serta gelombang tak terduga di pantai" diperkirakan terjadi, menurut Badan Manajemen Darurat Nasional Selandia Baru.

Layanan cuaca resmi Selandia Baru mengatakan stasiun cuaca di seluruh negeri telah mengamati "lonjakan tekanan" pada Sabtu malam dari letusan.

Profesor Shane Cronin, dari School of Environment di University of Auckland, mengatakan kepada Pusat Media Sains Selandia Baru bahwa penelitian sejarah letusan oleh gunung berapi yang sama menunjukkan bahwa episode letusan saat ini dapat berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan "dan bahwa letusan lebih lanjut berukuran serupa hingga acara 15 Januari 2022 dimungkinkan."

Letusan tersebut kemungkinan akan mengakibatkan jatuhnya abu yang signifikan (cm hingga sepuluh cm) di Tongatapu serta gugusan pulau Ha'apai, katanya. "Bantuan akan dibutuhkan untuk memulihkan pasokan air minum. Masyarakat Tonga juga harus tetap waspada terhadap letusan lebih lanjut dan terutama tsunami dengan pemberitahuan singkat dan harus menghindari daerah dataran rendah."

Peringatan tsunami sebelumnya yang dikeluarkan untuk Samoa Amerika telah dibatalkan, menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik NWS.

Tidak ada ancaman tsunami ke Guam dan Persemakmuran Kepulauan Mariana Utara dari "letusan jauh," menurut Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Gunung berapi itu telah aktif sejak 20 Desember, tetapi dinyatakan tidak aktif pada 11 Januari, menurut RNZ.(*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar