Antisipasi Maraknya Berita Hoax, Bidhumas Polda bersama Awak Media Ngopi Bareng | Borneotribun.com -->

Sabtu, 02 Maret 2024

Antisipasi Maraknya Berita Hoax, Bidhumas Polda bersama Awak Media Ngopi Bareng

Antisipasi Maraknya Berita Hoax, Bidhumas Polda bersama Awak Media Ngopi Bareng. (Foto: Humas Polda Kalbar/Borneotribun)
Antisipasi Maraknya Berita Hoax, Bidhumas Polda bersama Awak Media Ngopi Bareng. (Foto: Humas Polda Kalbar/Borneotribun)
PONTIANAK - Bidhumas Polda Kalbar bersama awak media yang berdomisili di kota Pontianak melaksanakan silaturahmi melalui acara ngopi bersama awak media bertempat di Cafe Super Jl. Paris 2 Kota Pontianak pada Jum'at (01/03).

Pemilu 2024 yang saat ini sudah mulai memasuki tahap rekapitulasi ditingkat Kabupaten/Kota, ternyata dibarengi dengan bertebarannya informasi atau berita hoax yang mengandung ujaran kebencian dan SARA, yang beredar luas dimedia sosial dan online, khususnya terkait kinerja panitia dan hasil pemungutan suara pemilu 2024.

Menghadapi situasi tersebut bidhumas polda Kalbar berinisiatif mengundang sejumlah awak media yang ada di Pontianak untuk bersilaturahmi sambil ngopi bareng  dalam rangka untuk saling bekerjasama  dalam mencegah dan menangkal   berita -berita hoax yang mengandung ujaran kebencian  dan SARA sesuai peran masing -masing.

Kepada awak media Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya melalui Kasubbid Penmas  Akbp Prinanto  mengatakan bahwa dalam suasana yang santai sambil berdiskusi  ringan bersama  awak media, ia mengajak semua  yang hadir  untuk bersama -sama perangi berita hoax.

"Saya mengajak seluruh rekan -rekan awak media untuk  bersama -sama mencegah dan menangkal berita hoaks dan ujaran kebencian jangan sampai beredar luas dimasyarakat dengan prisip saring sebelum sharing yaitu ketika kita menerima suatu berrita yang belum jelas kebenarannya maka sebaiknya  kita saring dulu dengan mengkonfirmasi  kepada  sumber berita atau  pihak yg berwenang untuk menjelaskan, dan bila sdh dikonfirmasi  kebenarannya maka barulah kita sharing kepada yang lain", kata Akbp Prinanto.

Ia juga mengajak para awak media untuk senantiasa menjadi garda terdepan dalam  menetralisir adanya informasi hoax dengan cara turut meluruskan informasi atau berita hoax yang telah viral dan beredar di media sosial atau online melalui tulisan dan artikel jurnalistik yang terklarifikasi dengan pihak-pihak yang berkompeten.

"saya  yakin dengan adanya peran yang pro aktif dari rekan-rekan awak media, peredaran berita hoaks dan ujaran kebencian dimasyarakat akan bisa diminimalisir, sehingga akan tercipta situasi keamanan dan ketertiban yang kondusif dimasyarakat", jelas akbp Prinanto.

Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih  kepada seluruh awak media Kalbar bahwa hingga tahapan pesta demokrasi saat ini, awak media berperan aktif  dalam mensukseskan pesta demokrasi Pemilu 2024 dengan memberikan informasi melalui media masing-masing secara aktual dan faktual.

"Saya sangat berterimakasih kepada seluruh rekan-rekan awak media yang hingga saat ini tetap mendukung polda kalbar dalam memberitakan rangkaian kegiatan  pemilu 2024, sehingga masyarakat terbantu melalui informasi yang telah disajikan oleh rekan-rekan semua", tutup Akbp Prinanto.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar