Warga Ajak Wakil Bupati Sekadau Panen Semangka di Desa Tanjung | Borneotribun.com -->

Rabu, 12 Agustus 2020

Warga Ajak Wakil Bupati Sekadau Panen Semangka di Desa Tanjung

Wakil Bupati Sekadau Aloysius panen semangka di perkebunan area Desa Tanjung.


BORNEOTRIBUN | SEKADAU -- Petani ajak Wakil Bupati Sekadau Aloysius dan Ketua GOW Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius untuk panen semangka di perkebunan area Desa Tanjung Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar, Rabu (12/8/2020) siang. 


Hadir juga Anggota DPRD Sekadau Zainal, Paulus Subarno, Abuntono, Kepala Dinas Pertanian Sande, Kadis Kesehatan, Henry Alpius dan para pengurus Paguyuban Jawa Kabupaten Sekadau. 


"Terima kasih kepada pak Wawan punya lokasi semangka. Ini potensi bagus. Pangsa pasar selalu ada. Pemda melalui dinas pertanian sebagai icon daerah yang perlu di. kembangkan dengan bantuan keperluan petani,"ungkap Aloysius kepada awak media. 


Menurut Aloysius, dalam pembangunan sektor pertanian bisa berkesinambungan dengan komoditi lainnya. 


"Untuk bantuan pertanian memang harus ada regulasi seperti dibentuk kelompok tani semanga dan komoditi lainnya,"kata Aloysius. 


Sementara, Kepala Dinas Pertanian Sekadau, Sande menyambut baik para petani yang terus mengolah lahan kosong dengan ditanam komoditi seperti semangka. Ia mengakui pemerintah belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan petani tapi sudah diberikan bantuan berupa handraktor guna mengolah lahan agar tidak lagi dilakukan secara manual. 


"Kami berharap juga kedepan menjadi target petani perlu membentuk kelompok tani agar bisa terkoordinir dalam penyaluran bantuan dari pemerintah,"katanya. 


Sementara itu,  Wawan pemilik kebun semangka menyambut baik kedatangan wakil bupati dan romongan yang langsung ikut panen di kebun. 


"Kami berharap ada pupuk subsidi untuk tanama seperti semangka.  Jadi bukan hanya untuk sawit yang selama ini ada pupuk bersubsidi,"ujarnya


Selain itu,  dukungan dalam pemasaran hasil pertanian juga masih diharapkan para petani yang selama ini sudah dilakukan petani dijual hingga sampai Pontianak. 


"Namun masih melalui beberapa tangga. Sehingga berpengaruh harga, "katanya. 


Wawan menambahkan,  kebun semangka miliknya menghasilkan 20 ton sekali panen dengan harga jual semangka Rp5000 -Rp5500 perkilogramnya.(yk/kn)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar