Iklan

Iklan

Diyakini Mampu Tangkal Virus Corona, Masyarakat Gelar Ritual Adat Tolak Bala

Redaksi
30/03/20, 10:37 WIB Last Updated 2020-08-12T19:10:43Z
Masyarakat Seguri Merah Air Desa Peniti melaksanakan kegiatan ritual adat tolak bala.[Foto: Acil]

SEKADAU --- Masyarakat Seguri Merah Air Desa Peniti, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalbar melaksanakan kegiatan ritual adat tolak bala, yang dimana ritual tersebut diyakini mampu untuk menangkal virus corona.

Adapun kegiatan ritual adat didahului dengan menyiapkan beberapa persiapan adat yang dimana adat yang dikeluarkan adalah ayam satu ekor, tuak satu tempayan, rancak tiga buah, telur lima buah, ketupat tujuh buah, lemang tujuh buah dan masing-masing setiap rumah warga akan ditaburi dengan beras kuning dan tengkarup (padi yang telah dioseng  hingga membentuk seperti popcorn).

Kepala Dusun Seguri Merah Air Milik Maliki mengatakan bahwa ritual adat tolak bala ini dilaksanakan dipercaya dan diyakini mampu untuk menangkal virus corona.

"Kami (red) melaksanakan ritual ini agar masyarakat kami bisa terbebas dari virus corona," kata Milik Minggu, (29/03/2020).

Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar bisa mentaati pantang telah disepakati.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar bisa mentaati pantang yang telah disepakati dari awal. Seperti tidak keluar rumah atau bertamu. Jika ada orang luar yang ingin bertamu, tolong jangan diterima," himbaunya.

Ia juga mengharapkan kepada masyarakat agar bisa menjaga kesehatan dan selalu melakukan pola hidup bersih.

"Saya berharap kepada masyarakat agar bisa menjaga kesehatan dengan baik. Selalu cuci tangan dengan sabun," harapnya.(ac)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Diyakini Mampu Tangkal Virus Corona, Masyarakat Gelar Ritual Adat Tolak Bala

Terkini

Iklan