Simulasi Sispamkota Pemilu 2024 di Kabupaten Sekadau | Borneotribun.com -->

Rabu, 18 Oktober 2023

Simulasi Sispamkota Pemilu 2024 di Kabupaten Sekadau

Simulasi Sispamkota Pemilu 2024 di Kabupaten Sekadau.
SEKADAU - Kepolisian Resor Sekadau hari ini melaksanakan Simulasi Sispamkota (Sistem Pengamanan Kota) dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, yang digelar di halaman Kantor Bupati Sekadau, Kalimantan Barat, pada Rabu, (18/10/2023).

Kapolres Sekadau AKBP Suyono menjelaskan, simulasi Sispamkota ini merupakan salah satu syarat dari Polri untuk mengamankan pemilu, dan merupakan perintah langsung dari Mabes Polri. Seperti kegiatan yang dilaksanakan sebelumnya yaitu rakor lintas sektoral, Lat Pra Ops dan apel gelar pasukan Ops Mantap Brata Kapuas 2023-2024.

Peserta simulasi peragaan Sispamkota terdiri dari regu Dalmas awal dan tim negosiator, regu Dalmas lanjut, regu Bursi, dan melibatkan seluruh personil Polres Sekadau dari berbagai Satuan fungsi maupun anggota Polsek jajaran.

"Simulasi ini merupakan peragaan dari proses perencanaan sebagai langkah antisipasi adanya kericuhan massa yang mana tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada pelaksanaan tugas di lapangan selama tahapan Pemilu/Pilpres berlangsung," terang Kapolres AKBP Suyono selaku penanggungjawab kegiatan.

Dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota ini diperagakan beberapa tahapan pelaksanaan pilpres yang dituangkan dalam skenario pengamanan dan didemonstrasikan oleh seluruh personel Polres Sekadau, dengan menggunakan sarana prasarana pengamanan seperti mobil Water Cannon beserta kelengkapan Dalmas.

Diantaranya pada tahapan kampanye, masa tenang, pengamanan TPS, pengawalan kotak hasil suara, hingga penghitungan suara, serta pengamanan dan penanganan kerusuhan massa yang menolak hasil keputusan KPU dalam pemilu yang berujung pada bentrok dengan petugas kepolisian, semua diperagakan sesuai skenario yang tersusun. 

"Point penting yang diperhatikan dari simulasi ini adalah antisipasi kerawanan akan terjadinya kericuhan saat Pemilu nanti. Hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu, bisa juga karena ketegangan antar massa pendukung paslon yang tidak dapat mengontrol diri," jelas Kapolres.

Melalui simulasi ini Kapolres menegaskan agar setiap personel Polres Sekadau yang terlibat Sispamkota mendapat pengetahuan, dan dapat memahami tugas pokok fungsi, serta peran masing-masing dalam menjalankan tugas pada pengamanan Pemilu mendatang.

Kegiatan ini disaksikan oleh Bupati Sekadau Aron, Kapolres Sekadau AKBP Suyono, Wakapolres Sekadau Kompol Hoerrudin, Dandim 1204 Sanggau/Sekadau diwakili Kapten Inf. Candra Chaniago, Kajari Sekadau Zein Yusri Mungaran, Ketua KPU Fransiskus Koman, Komisioner Bawaslu Muhammad Sandi, Kepala SKPD, perwakilan Parpol, Toga, Tomas, Todat, Tokoh pemuda dan organisasi masyarakat di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan sispamkota ini merupakan bentuk kesiapan pihak kepolisian bersama TNI dan pemerintah daerah Kabupaten Sekadau dalam kegiatan pengamanan pelaksanaan pemilu tahun 2024 di Kabupaten Sekadau dari gangguan Kamtibmas. 

Kapolres juga mengajak kepada seluruh stakeholder dan elemen masyarakat untuk bergandengan tangan dan bekerjasama agar kegiatan pemilu khususnya di kabupaten Sekadau berjalan aman damai dan kondusif. (**)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar