Pemprov Kalbar Gelar Rakor Pemantapan Pemilu 2024 | Borneotribun.com -->

Rabu, 07 Februari 2024

Pemprov Kalbar Gelar Rakor Pemantapan Pemilu 2024

Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di hotel Mercure Pontianak. (Adpim Pemprov Kalbar/Borneotribun)
Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di hotel Mercure Pontianak. (Adpim Pemprov Kalbar/Borneotribun)
PONTIANAK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Barat mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Pemantapan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 di hotel Mercure Pontianak pada Selasa (6/2/2024). 

Rakor ini dibuka oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., yang secara resmi memukul gong bersama seluruh unsur Forkopimda Kalimantan Barat di hadapan semua peserta undangan.

Sebelum acara inti dimulai, penampilan kesenian Tari Melayu Tundang Mayang dari Sanggar Pusaka Desa Sungai Burung, Kecamatan Segedong, Kabupaten Mempawah, turut memeriahkan suasana pertemuan tersebut.

Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Kalbar Harisson menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam mendukung kelancaran Pemilihan Umum dan Pilkada serentak Tahun 2024. 

Ia menyatakan, "Tentu hal ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemprov Kalbar dalam mendukung kelancaran penyelenggaraan Pilkada serentak Tahun 2024, baik melalui dukungan ketersediaan anggaran dan memfasilitasi kelancaran selama berlangsung kegiatan Pemilu dan Pilkada."

Selain itu, pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan bersama Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Tahun 2024 kepada Kodam XII Tanjungpura dan Kepolisian Daerah Kalbar. 

Harisson berharap penandatanganan Naskah Perjanjian ini dapat meningkatkan kerjasama dalam menjaga serta mensukseskan kegiatan Pilkada di Kalimantan Barat.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol. Pipit Rismanto, menekankan pentingnya menjaga agar kegiatan Pemilu dan Pilkada berjalan aman dan jurdil. 

"Tahapan dan rangkaian Pemilu serentak ini sudah kian mendekati hari akhir masa kampanye, tentu ini harus menjadi perhatian bersama dalam menjaga agar tidak menjadi kegiatan kontraproduktif sehingga dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat." katanya.

Brigjen Pol. Pipit Rismanto juga menegaskan bahwa jajaran Polda Kalbar telah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik untuk penyelenggaraan Pemilu yang lancar dan aman. 

Seluruh jajaran Polda Kalbar telah melakukan langkah-langkah persiapan termasuk melalui Operasi Mantap Brata Kapuas 2023-2024 dengan melibatkan sekitar 7.440 personil.

Pangdam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Iwan Setiawan, menekankan pentingnya komitmen dan kerjasama dalam mengawal jalannya pesta demokrasi. 

Dia mengatakan bahwa jajarannya memiliki tugas yang kompleks dengan wilayah kerja mencakup Provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, namun mereka bertekad memastikan kelancaran Pemilu di kedua wilayah tersebut.

Pangdam XII Tanjungpura juga menegaskan peran TNI dalam mendukung distribusi logistik Pemilu hingga ke pelosok daerah Kalbar, serta memastikan kelancaran jalannya Pemilu melalui berbagai kegiatan seperti apel Gelar Pasukan dan pendorongan logistik dari KPU.

Dengan sinergi dan kerjasama yang dibangun oleh semua pihak terkait, diharapkan Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, damai, dan demokratis, serta menjadi tolak ukur kemajuan demokrasi bagi Indonesia dan Kalimantan Barat.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar